Halaman

Today

Dalam hidup ini kita tidak dapat melakukan hal yang besar, kita hanya dapat melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang besar.

Jumat, 20 Maret 2020

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Smart TV


Seperti yang kita tahu, dengan Smart TV kita bisa melakukan hal apapun yang tidak bisa dilakukan di TV biasa. Ini karena di dalam Smart TV sudah tersemat otak tambahan yang memungkinkan ia menjalankan perintah apapun layaknya sebuah komputer. Di Smart TV kamu bisa menonton film apapun melalui sebuah situs streaming tertentu. Selain itu, kamu bisa juga mengakses video youtube dengan sangat mudah, dengan catatan Smart TV harus terkoneksi dengan internet. Tidak sampai disitu saja, Smart TV juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan browsing di internet dengan sangat mudah. Tapi sayangnya, mengakses browser melalui Smart TV dirasa cukup sulit dibandingkan seperti melakukan akses diperangkat lainnya.

Android TV


Android TV pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2014, hingga saat ini peminatnya sudah semakin banyak. Tidak lain dikarenakan fitur canggih yang digunakannya yang bisa membuat penggunanya semakin termanjakan. Android TV ini juga memiliki bergam seri seperti pada android di smartphone atau tablet. Android TV juga ada yang menggunakan system operasi android seri Marshmallow, Nougat dan yang lain sebagainya. Mengenai fitur yang ada di Android TV, antara lain:


1. Googe Playstore
Di android TV pengguna bisa dengan bebas mengakses Google Playstore dengan menginstall aplikasi yang disukai. Tapi tidak semua aplikasi di android smartphone bisa diinstall di Android TV, hanya beberapa saja yang bisa dijalankan. Di dalamnya juga sudah tersedia aplikasi bawaan seperti, TV Streaming, Music, dan juga game.


2. Google Voice Input dan Kontrol
Didukung dengan Google Voice Input yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan perintah suara. Selian itu, Android TV juga bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat kontroler seperti, game pad, mouse, keyboard, aplikasi remote control, headphone, spekaer dan lain sebagainya. Menghubungkannya dengan memanfaatkan fitur bluetooth di Android TV.


3. Google Cast
Fitur satu ini berguna untuk menampilkan hasil browsing atau video youtube dari perangkat lain seperti laptop atau smartphone. Perangkat yang tidak kompatible dengan smart TV android juga bisa diatasi dengan fitur ini. 

Kalau saya pribadi memilih Android TV karena kita seperti punya smartphone dalam bentuk raksasa karena fitur-fiturnya selazim kita menggunakan smartphone. Tentunya kita menginstall aplikasi yang sesuai aplikasi semacam Netflix bukannya PUBG ya, kalo mau install game yang lumrah ya di smartphone dan PC. Aplikasi yang saya install semacam Vlive, iFlix, Viu, Spotify ya aplikasi untuk streaming. Karena kita terbiasa mengakses aplikasi tersebut di smartphone yang ukurannya relatif kecil dibanding TV untuk pertama kali terasa amazing sekali karena dengan kualitas Wifi jaman sekarang kita seperti nonton TV biasa tanpa buffering tanpa lag tidak seperti jaman dulu yang basisnya kuota diirit-irit. Ini saya nulis tahun 2020 ya kalo kalian bacanya tahan 2030 kayanya teknologi udah berkembang pesat banget. Pilihan android TV saya jatuh ke TCL android TV 55Inch yand dibandrol 5juta saja oleh JD.ID. Merk ini memang tidak sepopuler dengan Samsung tapi perusahaan TCL juga bukan pemain baru. Selain sesuai dengan budget saya, tentunya layarnya besar sehingga puas buat kami sekeluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen