Halaman

Today

Dalam hidup ini kita tidak dapat melakukan hal yang besar, kita hanya dapat melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang besar.

Jumat, 04 Februari 2011

Cara Memilih Printer

Memilih printer untuk keperluan kerja maupun pribadi memang susah-susah gampang, karena semakin banyaknya merek dan jenis printer yang beredar di pasaran saat ini. Tips berikut bisa dijadikan sebagai patokan awal dalam memilih printer yang sesuai untuk kebutuhan anda, antara lain:

Pertama, Tentukan jenis printer yang akan di beli. Ada 3 jenis printer yang banyak beredar di pasaran akhir-akhir ini, yaitu Inkjet, Laser dan Multifungsi selain jenis Dot-matriks yang sebelum menjadi primadona karena kemudahan pemakaian, perawatan dan harga yang relatif terjangkau.

Jenis Inkjet printer, cocok untuk kebutuhan personal/pribadi untuk di rumah atau perusahaan kecil dan untuk mencetak text. Walaupun demikian printer inkjet ini juga mampu mencetak grafis dengan kualitas yang tentu saja tidak sebaik laser. Printer Inkjet tersedia di pasaran dengan harga relatif terjangkau, baik harga printernya sendiri maupun biaya perawatannya, seperti tinta refil.
Sedangkan Jenis Laser printer, cocok untuk kantor dengan jaringan (local area network/LAN) cukup besar dan atau kantor yang mengutamakan kecepatan, efisiensi dan kualitas pencetakan cukup tinggi. Jenis laser ini mampu memproduksi hasil cetakan yang cukup baik untuk text maupun grafis.

Jenis printer Multifungsi adalah jenis printer yang selain berfungsi untuk mencetak, juga dilengkapi dengan fungsi lain seperti untuk Fax dan Scanning. Jika dihitung-hitung, dari segi harga, masih lebih murah jenis ini dari pada anda harus membeli satu persatu printer, mesin fax dan scanner. Namun perlu dipertimbangkan juga jika terjadi masalah pada salah satu fungsinya, sehingga peralatan harus dikirim ke service center, berarti anda tidak dapat menggunakan ketiga fungsi itu pada saat bersamaan.

Kedua, tentukan Resolusi printer yang akan dibeli dengan melihat berapa dpi (dot per inch) yang mampu dicetak oleh printer. Besar dpi menentukan kehalusah dan kecepatan printer dalam mencetak.

Dan akhirnya, bandingkan harga printer yang akan anda beli, termasuk mempertimbangkan kemudahan-kemudahan lainnya, seperti perawatan, support center, tempat pembelian suku cadang/tinta, dll.

Sumber : Klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen