Halaman

Today

Dalam hidup ini kita tidak dapat melakukan hal yang besar, kita hanya dapat melakukan banyak hal kecil dengan cinta yang besar.

Senin, 02 Maret 2020

PROSESOR INTEL® CORE™ i7

Intel Core i7 adalah nama merek Intel untuk beberapa keluarga prosesor desktop dan laptop x86-64 64-bit yang menggunakan mikroarsitektur NehalemWestmereSandy BridgeIvy BridgeHaswellBroadwellSkylake, dan Kaby Lake. Merek Core i7 menargetkan bisnis dan pasar konsumen kelas atas untuk komputer desktop dan laptop,[1] sehingga berbeda dari Core i3 (untuk konsumen tingkat pemula), Core i5 (untuk konsumen biasa), dan Xeon (untuk server dan workstation).
Intel lalu memperkenalkan nama Core i7 dengan prosesor Bloomfield Quad-core berbasis Nehalem pada akhir 2008.] Pada tahun 2009 model Core i7 baru yang didasarkan pada prosesor desktop quad-core Lynnfield (berbasis Nehalem) dan mobile quad-core Clarksfield (berbasis Nehalem) diluncurkan,[6] dan model berdasarkan prosesor mobile dual-core Arrandale (juga berbasis Nehalem) diluncurkan pada Januari 2010. Prosesor enam inti pertama dalam jajaran Core adalah Gulftown berbasis Nehalem, yang diluncurkan pada 16 Maret 2010. Baik Core i7 dan Extreme Edition dipromosikan sebagai "bintang lima" dalam Intel Processor Rating.
Dari masing-masing dari ketiga generasi mikroarsitektur pertama dari merek Core i7, terdapat anggota keluarga mereka ini yang menggunakan dua arsitektur tingkat sistem yang berbeda; oleh karena itu, ada dua soket yang berbeda (misalnya, LGA 1156 dan LGA 1366 dengan Nehalem). Dalam setiap generasinya, prosesor Core i7 yang berkinerja tinggi menggunakan soket dan arsitektur berbasis QPI yang sama seperti prosesor Xeon kelas menengah-atas dari generasi tersebut, sementara prosesor Core i7 yang berkinerja lebih rendah menggunakan soket yang sama dan arsitektur PCIe / DMI / FDI seperti Core i5.

Core i3, Core i5, dan Core i7 adalah tiga jenis prosesor komputer yang telah disediakan oleh perusahaan Intel untuk membantu kinerja suatu perangkat komputer.

Prosesor merupakan “otak” dalam sebuah perangkat komputer, yang mana cara kerjanya dengan menerima perintah dari pengguna, kemudian meneruskannya ke hardware lain. Oleh karena itu, tidak heran jikalau spesifikasi prosesor menjadi sorotan utama dan penting bagi setiap pengguna sebelum memutuskan membeli komputer maupun laptop.

Semua prosesor, baik itu core i3, i5, dan i7 ternyata memiliki arsitektur dan teknologi yang berbeda-beda. Adapun teknologi tersebut diantaranya adalah Turbo Boost, merupakan kemampuan untuk meningkatkan clockspeed pada CPU atau yang biasa dikenal dengan sebutan over clocking secara otomatis. Kemampuan tersebut secara tidak langsung membuat komputer dapat mematikan satu atau dua engine lainnya agar memberikan ruang lebih besar pada CPU, sehingga hal tersebut otomatis membuat prosesor bisa bekerja dengan lebih keras.

Terlepas dari itu, banyak dari pengguna yang salah kaprah, dan menyangka bahwa inisial i3, i5, dan i7 mengidentifikasikan pada jumlah prosesor yang terdapat pada komputer. Misalnya, i3 berarti di dalamnya terdapat tiga prosesor, i5 dengan lima prosesor, dan i7 memiliki 7 prosesor. Padahal, pernyataan tersebut sama sekali tidak bersangkutan dengan itu. Inisial core i3, i5, dan i7 ternyata lebih mengarah pada kemampuan yang dimiliki oleh prosesor, seperti halnya dipengaruhi oleh cache, support memori dan lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen