Laman

Kamis, 13 Januari 2011

Pengenalan Joomlaa


Joomla adalah Contant management system (cms) Sumber terbuka yang bebas ditulis dengan bahasa pemograman php dan data base MySQL baik untuk internet maupun intranet Joomla menyertakan banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk page caching , web indexing , RSS freed , halaman untuk dicetak , web side searchingdan dukungan Internasionalisasi.

Nama Joomla berasal dari sebutan phonetic sebuah kata bahasa Swahili “Jomla”dengan arti kebersamaan atau kesatuan pilihan nama mencerminkan komitmen para pengembang dan komunitasnya saat membentuk Joomla ketika terjadi perpecahan dari Mambo di bulan Agustus 2005. Joomla dibangun sebagai fork dari mambo dengan rilis perdana Joomla 1.0.0 pada tanggal 16 september 2005 mengembangkan versi dari mambo. Menurut roadmap Joomla 2.0 code base akan ditulis ulang sekelompok dibangun mengadopsi GNU General Publik Licence

Untuk membuat suatu Informasi Electronik yang mulai berkembang saat ini diperlukan suatu CMS Content Management system / server php yang digunakan untuk pembuatan/desain grafis, dan juga memiliki penulis yang kreatif untuk mengisi halaman-halaman web site dengan Mambo ataupun Joomla, tidak menjadi masalah karena seluruh tool memiliki fungsi yang sama. Meskipun program ini menggunakan bahasa php, bukan berarti harus paham seluruhnya tentang kode php. Bagi mereka tidak memahami kode HTML, Javascript, ASP, CGI, , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks yang dihubungkan dengan dalam suatu jaringan local atau luas (internet).

CMS adalah software computer yang memfasilisasikan pembuatan documen atau contant secara gotong royong dan kolaboratif , CMS acap kali di artikan sebagai Aplikasi Web untuk mengelola web site dan contant web , sementara untuk mengedit dan membuat artikel disertakan software khusus client , ia juga dapat digunakan untuk menyimpan documen perusahaan terutama seperti operators manuals , tecnical manuals , sales guides dan sebagainya, solusi cms banyak tersedia dalam bentuk open source yang bebas pungli dengan teknik yang lebih luas portal system wiki system bared group ware.

Prinsip Dasar Joomla
Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.
Pertamakali, pengguna meminta akses terhadap halaman Joomla dengan mengeksekusi URL pada browser web yang kemudian terhubung dengan server web. Permintaan ini yang dalam istilah teknis lebih dikenal dengan query string selain terdapat URL juga mengandung parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain). Berdasarkan parameter tersebut, sistem skrip Joomla melakukan kontak dengan basisdata dan mengambil konten yang dimaksud berdasarkan parameternya. Terakhir, konten dan templat (template) digabung bersama dan kembali sebagai halaman html, gambar, css dan javascript.
Paket Joomla! terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan termodul yang sangat fleksibel, dapat dengan mudah dikembangkan dan diintegrasikan. Sebagai contoh “plugins” WikiBot yang memperbolehkan penulis di Joomla menggunakan “Wikitags” pada bagian artikel yang fungsinya secara otomatis membuat pranala dinamis ke artikel Wikipedia pada saat ditampilkan. Ada lebih tersedia 1,700 “plugins” yang secara resmi didelegasikan oleh OpenSourceMatters tersedia di http://extensions.joomla.org/ dan saat ini secara resmi dipindahkan ke http://joomlacode.org dengan dukungan server yang lebih lengkap.
Cara Membuat Sub Domain
Ada seorang kawan menanyakan cara membuat sub domain . Apa sub domain itu adanya? sebenarnya selain sub domain masih ada lagi yang namanya
park domain, addon domain tapi kali ini kita akan bahasa sedikit tentang sub domain.
Jika kita menyewa sebuah web hosting dengan kapasitas web space yang cukup besar mubajir rasanya jika kita hanya menggunakannya untuk sebuah web saja karena masih banyak ruang yang tersisa so alangkah baiknya jika kita gunakan untuk membuat satu atau dua web lagi tergantung ukuran web space dan SQL Account yang diberikan perusahaan web hosting karena terkadang web hosting sedikit tricky yakni memberikan unlimited space dengan limited databasae so apa gunanya unlitmited web space (kapasitas hard disk) jika database-nya limited (tips. cari web hosting yang berlokasi di wilayah asia dan sekitarnya yang menawarkan unlimited web space, unlimited Database, Unlimited sub Domain, unlimited bandwidht dan semuanya… termasuk private IP dan Dedicated server dengan biaya sewa dibawah 100000 perbulan…ada ga ya? ).
Apa perlunya sub domain? ya perlu sekali karena sub domain dapat mendongkrak SEO main web kita. Kita dapat membuat web yang dapat kita isi dengan hal-hal yang berhubungan dengan main web kita dan meletakkan link menuju ke main web kita.
Bagaimana cara membuat sub domain? pertama kita harus login ke cpanel web server lalu klik sub domain dan click create new. Isi kolom dengan nama yang kita mau mis. main web kita adalah collection.com lalu kita ingin buat sub domain dengan nama kolor so nama sub domain kita akan menjadi kolor.collection.com
Install Joomla di Sub Domain jika kita sudah membuat sub domain. Perhatikan! ketika kita mengklik create pada tahapan membuat sub domain sebenarnya di root joomla kita dengan sendirinya akan mambuat directory dengan nama yang sama dengan nama sub domain kita dalam kasus ini adalah kolor. Nah di folder kolor itulah tempat file-file sub domain kita nantinya berada.
Mulai installasi dengan cara seperti biasa yakni menggunakan fantastico installer maupun yang lainnya. Caranya persis sama yakni klik icon fantastico – Install – pilih platform yang kita ingini dan JANGAN SALAH untuk memilih install to subdomain atau pilih kolor.collection.com pada dropdown menu. Ini artinya kita akan menginstall joomla pada sub domain tersebut.
Klik Install dan tunggu sampai dengan selesai karena jika telah selesai, selesai pulalah tulisan ini karena kita tinggal mengkonfigurasikan sub domain kita seperti halnya kita mengkonfigurasikan main web kita.

Semoga terbantu dengan artikel ini ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen