Laman

Senin, 24 Januari 2011

Tips Memilih Monitor



Ada beberapa syarat untuk menentukan monitor yang cocok dengan kebutuhan anda. adalah sebagai berikut ini.

1. Aspect Ratio.
ukuran standard perbandingan antara tinggi dan lebar sebuah monitor adalah 4:3, tapi..beberapa monitor keluaran baru memiliki jenis yang lebar, dengan perbandingan 16:9 ato 16:10, biasa ini di designed untuk menonton film yang berkualitas HDTV dalam wide format. jadi tergantung kebutuhan anda, kalo anda lebih minat dalam menonton film dengan wide format, anda dapat memilih monitor dengan aspect ratio 16:9.

2. Digital dan Analog Connection
LCD adalah peralatan Digital, jadi perlu konversi analog signal sebelum data di tampilkan. Graphic card dengan Digital Video Interface (DVI) dapat secara langsung menampilkan data dalam digital format tanpa ada konversi. tapi jangan cemas, rata2 monitor dapat conversi signal dengan baik. Jadi mungkin boleh sesuain graphic card anda ama monitor sebelum membeli hehehe.

3. Response rate
Response rate maksud nya adalah seberapa cepat satu pixel mengganti warna, dalam ukuran miliseconds. semakin kecil milisecond nya semakin cepat pixel ganti warna. Maximum response rate 12ms sampe 15ms, uda cukup untuk main game dan nonton film. Sekarang ini Sudah ada monitor dengan Response rate 2ms, jadi...gambar nya bakal halus banget dan tajam.

4. Resolution.
Hati dalam membeli monitor yang menawarkan dengan resolusi tinggi, seperti 1600*1200 untuk monitor ukuran 15inch. anda arus tau kalo anda benar2 memerlukan monitor dengan resolusi sesuai kebutuhan anda, karena biasa semakin tinggi resolusi semakin mahal sebuah monitor. jadi buat apa beli barang mahal tapi kita tidak menggunakan nya secara penuh.

berikut adalah perbedaan resolusi dan ukuran monitor yang ideal.

15" 800*600/1024 * 768
17" 1280*1024
19" 1360 x 1024
21" 1600*1200

5. Display Angle.
Maksud nya kalo anda menonton film menggunakan LCD dari samping atao tidak tepat lurus di depan monitor, agak sedikit sulit untuk meliat dengan jelas. CRT memiliki display angle yang lebih baik karena anda bisa menonton file video dengan jelas walaupun dari sudut yang berbeda.

6. Harga.
Yang terakhir yang paling penting. hehehe kalo ga cukup uang, ga bakal dapat2 bli monitor neh, kayak g ini..hohohooho. Sebelum membeli ada baik ny research sedikit tentang harga monitor yang bakal l beli, bandingkan dari toko yang satu ma yang lain. sape tau dapt yang lebih murah. hhehehehehe

cuman ini aja neh...tips dari g, kalo kurang anda masi bisa cari lagi di luar sana. hahaha....btw...masi ada bbrapa pertimbangan yang mungkin anda ingin pikir lagi dalam membeli monitor seperti controls, portrait/landscape mode, dan Luminance.

Semoga bermanfaat buat anda sekalian ya... ^^ 

sumber : Klik disini

1 komentar:

Ribbon Barcode mengatakan...

Lagi pengen beli LED Monitor 20"... makasih info nya.. :D

Posting Komentar

Thanx dah mau komen