Laman

Selasa, 17 Januari 2012

Pengertian Torrent

Pengertian Torrent Adalah Jaringan File Sharing Labels yang merupakan salah satu teknologi sharing file yang disebut dengan P2P (baca : Peer to Peer), dimana user-user terkoneksi untuk mengirim dan menerima sebagian file, dengan tracker sebagai pengkoordinasinya. Tracker sama sekali tidak mempunyai file yang dicari, tidak mempunyai data tentang isi file, karena itu walaupun dengan bandwidth tracker terbatas pun, koordinasi dapat tetap jalan. Filosofi dasarnya adalah user harus juga meng-upload data ketika mereka mendownload. Dengan demikian, kita dalam saat yang sama bertindak sebagai server data.

Torrent sendiri adalah file yang kecil, yang hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi *.torrent. File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dan sebagainya. 

Perlu diingat bahwa cara kerja torrent adalah berbagi. Jadi kita perlu tetap membuka koneksi agar orang lain juga dapat mendownload file yang baru saja kita download melalui komputer kita. Lama koneksi ini bisa kita set, misalnya 1 jam setelah itu koneksi akan terputus secara otomatis. Berikut ini beberapa istilah dalam torrent : 
1. Seed adalah pengguna, yang telah selesai mendownload file dari torrent dan melakukan sharing. 
2. Peer adalah semua orang yang sedang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder). 
3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD (Upload/Download) ratio yang rendah. Sedangkan istilah Leecher ditujukan kepada mereka yang telah selesai mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut mereka langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut.
4. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload). 
5. Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user. Server tersebut menyimpan data tentang berapa banyak seeder, leecher, peers dan info lainnya dari sebuah file torrent. Tracker mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang mendownload, upload/sharing sebuah file. 
6. Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file torrent darinya). File torrent dapat di download di website yang menyediakan file torrent. Daftar lengkap website yg menyediakan file torrent dapat dilihat di halaman INI. Kecepatan download sangat tergantung dengan jumlah Seed dan Peerr/Leech. Untuk mendownload file torrent gunakan client torrent seperti uTorrent download DISINI atau BitTorrent download DISINI Ok cukup bahasa formalnya. 

Ada beberapa Tips  untuk memlih file torrent dari Tracker Torrent (website yg menyediakan file torrent), sehingga kecepatan file yg kita download lebih stabil/cepat, yaitu: 
1. Saat memilih file torrent liat perbandingan seed dan leech-nya. Kalo seed lebih banyak daripada leech biasanya download bakal cepet, kalo sebaliknya download bisa lambat. contoh: seed = 10.000; leech = 50.000 => kemungkinan besar lambat rasio(1/5) seed = 50; leech = 5 => kemungkinan besar cepat rasio (10/1) 
2. Perhatikan juga kualitas file torrent yg kita download dari Tracker torrent. Diindikasikan dari banyaknya orang yg telah mendownload file tersebut dan komentar positif terhadap file tersebut. 
3. Install patch EvID4226Patch223d-en buat windows 
4. Setting BitTorrent/uTorrent di Option– Preferences — Advanced — cari net.max_halfopen setting antara 50 -“ 100 (saya pakai 80) default value 8. 
5. Setting BitTorrent/uTorrent di Option — Preferences — Bandwidth — masukkan nilai untuk Global maximum number of connections (ini tuh total peer yg tersambung ke kamu) etc:200 makin besar makin baik; Maximum number of connected peer per torrent (ini jumlah peer yg tersambung ke kamu untuk tiap file yg kamu donwload/share) etc:60 makin besar makin baik; Number of upload slot per torrent (ini jumlah peer yg bisa mendownload dari kamu secara bersamaan) etc:2 makin kecil makin baik. 

Jaringan file torrent merupakan alternatif tempat sharing file, yg menurut saya lebih aman dari virus/trojan dengan catatan kamu harus berhati-hati dan teliti dalam memilih file torrent (liat tips no 2 di atas ) dari pada mendownload dari Rapidhare, Megaupload, Ziddu dan sejenisnya. Pada file torrent biasanya kita tahu file tersebut bervirus atau terinfeksi virus sebelum kita medownloadnya (liat dari komentar2 orang lain yg pernah mendownloadnya dan berapa kali banyaknya file tersebut di download— walaupun bukan jaminan tapi bisa jadi bahan pertimbangan sebelum mendownload file torrent yg bersangkutan), sedangkan pada Rapidhare, Megaupload, Ziddu dan sejenisnya kita baru tahu file tersebut bervirus atao terinfeksi virus setelah kita selesai mendownload (akan terasa menjengkelkan apabila file tersebut berukuran ratusan mega namun ternyata terinfeksi virus). Tentu saja itu semua menurut pertimbangan dan pengalaman saya jadi pilihan ada ditangan kamu untuk menggunakan torrent atau tidak. 

Sumber: Klik Disini

2 komentar:

luckyrncyber mengatakan...

Download Torrent Bervirus tidak?

Kuliah Kelas Karyawan di Semarang mengatakan...

Ya kadang ada virusnya kalo software yang didownload pakai crack, virus dari komputer torrent di jaringan lainnya kadang juga bervirus, jadi kita pakai antivirus Avira/AVG yang selalu di update. Dari pengalaman sih aman2 saja :-)

Posting Komentar

Thanx dah mau komen