Laman

Kamis, 03 Maret 2011

Pengertian UPS - Uninterruptible Power Supply

 Pengertian UPS (uninterruptible power supply)
Apa itu UPS?
 
UPS merupakan kependekan dari “Uninterruptible Power Supply“. UPS ini akan segera memasok dan memperbaiki kualitas listrik input (PLN) yang akan dialirkan ke  komputer. agar kondisi listrik yang akan dipasok untuk komputer sesuai dengan tegangan kerja power supply komputer dan memberikan supply listrik cadangan jika sumber input (PLN) padam.
 
Bagaimana kalau ada pertanyaan , listrik ditempat saya bagus dan tidak pernah mati lampu ! Gak perlu UPS kan?.
Kalau ada pertanyaan seperti itu, apakah kita dapat menjamin kalau suatu saat kita sedang bekerja menggunakan komputer kemudian tiba-tiba ada yang menyalakan peralatan yang besar kapasitasnya misal bor listrik, mesin pendingin (kulkas, AC)ke sumber listrik kita sehingga menyebabkan MCB kita turun. Atau adanya peralatan listrik kita yang koslet misal lampu neon atau radio, tv yang memnyebabkan MCB listrik kita turun. Semuanya itu pasti menyebabkan komputer kita juga mati (mana belum di save lagi), hilang sudah data kita yang kita kerjakan selama berjam-jam. Coba kalau ada UPS minimal kita dapat save data kita dulu.
 
Jadi kesimpulannya UPS (Uninterruptible Power Supply) itu alat untuk:
  • UPS (Uninterruptible Power Supply) memberikan lisitrik cadangan kalau sumber listrik utama mati.
  • UPS (Uninterruptible Power Supply) memperbaiki sumber listrik utama jika sumber lsitrik utama mengalami gangguan seperti tegangan naik turun.
Saya rasa cukup segitu dulu nerangin UPS nya semoga manfaat.

Sumber : Klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen