Laman

Selasa, 07 Juni 2011

Mengapa Baterai Laptop Mudah Terbakar?

LONDON - Seringkali Anda mendengar kasus tentang terbakarnya Laptop, iPod atau gadget lainnya yang disebabkan karena baterai yang digunakan terlalu panas dan memicu terbakarnya gadget. Sejumlah peneliti dari Cambridge University mengklaim telah menemukan jawaban mengenai baterai yang cepat terbakar.

Menurut para peneliti, penyebab utama mudah terbakarnya baterai karena disebabkan semacam bahan serat logam yang disebut 'Dendrit', komponen pada baterai tersebut bertanggung jawab untuk sirkuit pendek yang menyebabkan baterai dapat memancarkan api.


"Baterai di laptop dan telepon dirancang untuk dapat diisi (dicharge) dengan cepat, tetapi hal ini dapat menyebabkan dendrit membentuk anoda karbon pada baterai, Serat ini adalah salah satu penyebab utama sirkuit pendek, yang dapat, pada gilirannya, menyebabkan baterai panas dan bahkan api," kata Professor Clare Grey dari jurusan teknik Kimia Cambridge University seperti dilansir Telegraph, Rabu (19/5/2010)


Kini, Clare dan tim berharap untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dengan meneliti lebih lanjut tentang bagaimana bentuk dendrit, dan bagaimana perkembangan mereka dapat dihentikan. Ahli kimia tersebut menggunakan resonansi spektroskopi magnetik untuk melacak perkembangan dendrit. Diharapkan bahwa informasi ini akan membantu produsen elektronik konsumen meningkatkan keamanan baterai lithium.


"Serat lithium telah menjadi hambatan yang signifikan terhadap komersialisasi generasi baru baterai kapasitas yang lebih tinggi," tambah Clare Grey.


"Faktor keamanan baterai harus segera dipecahkan sebelum menginjak ke generasi terbaru baterai lithium-ion, sehingga kita dapat lebih aman menggunakan baterai-baterai tersebut," tandas Grey. 
 Sumber : okezone.com 

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen