Laman

Jumat, 29 Juli 2011

Panduan Memilih Komputer/Laptop untuk grafis 3D (Architecture)

Wah, banyak banget temen-temen yang udah pada beli laptop buat persiapan tugas2 kuliah dll. Apalagi temen-temen arsitek 2009. Dah banyak juga yang siap dengan modalnya buat beli laptop. Tapi mereka masih bertanya-tanya, laptop/PC apa yang cocok untuk arsitektur?? Dan tentunya mendukung aplikasi arsitektur yang berhubungan dengan grafis 3 dimensi dan perancangan struktur bangun yang tentunya bakal membutuhkan computer yang super duper kuat….hehehe.

Langsung mulai aja lah… Saya bagi menjadi 4 poin besar hardware yang dipilih untuk mendukung tugas teman-teman sekalian. Processor, VGA / Graphic Card, RAM, dan Hardisk.
  1. Processor
Processor yang kita kenal sebagai inti utama dari sebuah computer memegang peranan amat penting dalam kegiatan desainer grafis 3d maupun 2d. mengapa? Karena processor itu adalah sebuah hardware yang menganalisa impuls-impuls listrik dan menjadikannya sebuah data digital yang biasa kita lihat dalam User Interface sebuah Operating System. Dalam sebuah processor terdapat transistor2 yang bekerja seperti yang disebutkan di atas. Dalam processor sendiri terdapat memori / Cache yang berfungsi seperti “lapangan kerja” dari impuls digital yang di proses. Inti / core processor sendiri merupakan “otak” dari prosessor itu untuk bekerja. Bayangkan saja prosessor itu seperti sebuah perusahaan yang mempunyai pekerja. Makin banyak pekerja, makin cepat selesai pekerjaannya, namun makin besar juga biaya produksi untuk membayar pekerja-pekerja tersebut. Lalu hubungannya dengan memori cache? Cache itu di ibaratkan sebagai kualitas pekerja itu sendiri. Makin besar kualitas pekerjanya, makin besar pula kesempatan dan kelebihan-kelebihan yang didapat, dan makin besar pula sebuah perusahaan yang memiliki pekerja dengan kualitas yahud.
Untuk arsitektur dalam menggunakan computer akan berhubungan dengan data impuls digital yang amat banyak, karena data digital yang di bawa sebuah bentuk bangun geometri 3d bias 20x lebih banyak dari pada yang 2d. nah, kita butuh sebuah processor dengan core banyak dan memori cache yang besar. Ada beberapa pilihan yang dapat di ambil, yaitu :
Laptop :
  1. Core i7 920XM (2 Ghz,4 cores,2.5 T/s bus speed, 8mb L2 Cache)
*car abaca : (sSpec;Speed; Model; cores;bus speed;technology;stepping;L2 Cache;Package)
SLBPD;2.666 GHz;I7-620M;2;4.8 GT/s;32 nm;C2;4 MBMicro-FCPGAN/A
SLBPE;2.66 GHz;I7-620M;2;4.8 GT/s;32 nm;C2;4 MBMicro-FCBGAN/A
SLBMK;2.13 GHz;I7-640LM;2;4.8 GT/s;32 nm;C2;4 MBMicro-FCBGAN/A
SLBML;2 GHz;I7-620LM;2;4.8 GT/s;32 nm;C2;4 MBMicro-FCBGAN/A
Pusing? Sya juga..hehe.. yaudah, saya list dari yang jenisnya aja deh, dan saya ambil yang terbaiknya diurut berdasarkan prosessor yang paling bagus sampai yang cukup bagus

INTEL
  1. Core i7 920XM (spek diatas)
  2. Core2Quad Q9100 (4 cores, 1066Mhz, 12mb L2 Cache)
  3. Core2Quad Q9000 (4 cores, 1066Mhz, 8mb L2 Cache)
  4. Core i5 Mobile processor 520M atau 540M
  5. Core i3 Mobile Processor 350M
  6. Core2Duo Mobile Processor [centrino duo] :
    1. P9500
    2. b. P8600
    3. c. P8400
    4. d. T6600
    5. T7700
    6. Pentium Dual Core
      1. T4400
      2. T4200
AMD
  1. 1. Turion X2 Ultra Dual-core Processor ZM series
  2. 2. Athlon X2 / Athlon 64 Dual Core Processor All Products
Keterangan :
Semua processor yang disebutkan di atas sudah memenuhi kriteria core, memory cache, dan spesifikasi lainnya yang disebutkan. Maka urutan paling atas merupakan terbaik untuk digunakan
Eh, iya, laptop model apa aja sih yang dijual di Indonesia dan memiliki jenis processor itu??

TOSHIBA
Semua jenis Toshiba Qosmio dan Satellite Pro punya hardware yang mumpuni buat pekerjaan kita..tinggal pilih saja. Tapi kalo ingin dapat laptop yang cukup dan murah, ambil Toshiba Satellite tipe L-305 atau L-510 atau juga L-505, U 500. Toshiba punya grade yang paling tinggi yang paling banyak dibeli..tapi belum tentu kualitasnya juga mumpuni, asal kita pintar-pintar cari hardware yang tepat.

HP/COMPAQ
Nah beda lagi ama HP/Compaq. Laptop merek ini punya beberapa aspek yang cukup mendukung, seperti harga dan kualitas hardware yang terpasang, tapi tidak jarang banyak juga yang meragukan kemampuannya, tergantung pemakaian juga sih… HP/Compaq L510/L505 banyak di pasaran, tapi carilah yang processornya INTEL, karena AMD kurang powerfull di laptop ini.

ACER
Acer boleh dibilang produsen laptop-laptop terjangkau. Memang, karena kebanyakan Laptop Acer tidak disertai paket OS asli. Acer yang terbaru yaitu tipe 4740 yang sudah berbasis Core i3 sudah dapat kita temui di etalase-etalase toko computer di kota besar. Namun harganya masih melambung. Carilah tipe yang agak aneh di pasaran, karena biasanya hardwarenya juga special. 4732Z dan 4736 jadi pilihan utama konsumen di Indonesia, terutama Bandung. Selain murah, Acer juga tidak bandel di install OS apapun, tidak seperti HP/Compaq. Namun daya tahan hardware juga harus diperhatikan. Dengan memenuhi syarat pemakaian Laptop dengan sehat, kemungkinan kerusakan dapat dikurangi secara signifikan.

LENOVO
Beberapa hari lalu saya tertarik pada jenis terbaru Laptop Lenovo bertipe G450 dan B450, hardware yang di miliki cukup mumpuni, namun untuk uji ketahanan, saya sendiri belum sempat mencobanya lebih lanjut.

DELL
DELL sama seperti Toshiba yang mengeluarkan produk khusus graphic Designer, yaitu Dell Studio Series 14 keatas atau Dell XPS. Dimana hardware yang dimiliki dapat di bilang sebagai Laptop Middle-end class. Namun dari segi harga, DELL masih kurang terjangkau untuk versi yang desainer grafisnya(XPS).

APPLE MacBook
Nah, kalo ini tidak usah diragukan lagi, 99% hardwarenya MANTAP, tinggal cara pemakaian dan perawatan penggunanya saja yang perlu diperhatikan, dan lagi system kerja OS yang sama sekali berbeda dengan Windows yang seringkali membuat kita bingung.

sumber : Klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen