Laman

Jumat, 29 Juli 2011

Pengertian TV Tuner

Pengertian TV tunner adalah komponen komputer  yang memungkinkan sinyal televisi dapat diterima oleh sebuah komputer . Kebanyakan TV tuner juga berfungsi sebagai video capture , yang memungkinkan mereka untuk merekam program televisi ke sebuah hard disk . selain bias dipasang di sebuah PC, ada juga TV tuner khusus yang juga bias dipasang di laptop. Harga TV tunner sekarang juga terbilang murah dibanding anda harus membeli sebuah televise. Selain praktis tv tunner juga dilengkapi remote control juga. Anda bias memilih mau yang eksternal maupun internal.

TV Tuners tersedia sebagai PCI-bus ekspansi kartu, kartu PCI-Express, atau USB komponen. Metode Saya sarankan adalah USB karena kemudahan penggunaan.

Sebuah fitur rapi kartu TV Tuner bahwa kebanyakan dari mereka dapat mengambil sinyal FM dan Anda dapat menggunakannya sebagai radio melalui komputer Anda juga. Hal ini karena spektrum radio FM terletak di antara Amerika Utara saluran 6 dan 7.

Di pasar, saat ini, ada empat tersedia TV Tuner yang memungkinkan Anda untuk menonton TV di komputer Anda:

1. Analog TV Tuner - ini adalah untuk sebuah TV analog kuno
2. Digital TV Tuner - ini adalah untuk TV digital dan sinyal satelit pickup
3. Hybrid Tuner - ini mengangkat kedua jenis sinyal yang tercantum di atas, tetapi tidak dapat dilakukan "on the fly"
4. Kartu combo - kartu ini memiliki dua tuner terpisah pada satu kartu, sangat populer

Untuk menggunakan TV Tuner jenis internal, maka Anda harus memiliki satu unit komputer multimedia yang spesifikasi minimalnya sebagai adalah sebagai berikut : Processor 500 Mhz, RAM sebesar 128 Mb (Mega Byte) (bisa saja lebih kecil, namun kinerjanya akan menjadi lambat ) , Sound Card , VGA card , speaker aktive, dan antena televisi. Biasanya kartu ini dipasang di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) pada motherboard . Sedangkan untuk TV Tuner jenis eksternal Anda tidak perlu lagi memiliki specifikasi minimal seperti disebutkan sebelumnya, namun Anda hanya perlu satu buah layar monitor. Setelah Anda memiliki persyaratan tersebut, maka tidak perlu lagi membeli pesawat televisi, karena Anda telah memilikinya yang dapat diakses secara langsung dari komputer. 
 
Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang sedemikian pesat ketika artikel ini ditulis, ada beberapa produk TV Tuner yang dapat dipasang di port USB ( Universal Serial Bus ). Khusus untuk TV Tuner yang menggunakan slot USB, lebih mudah cara pemakaiannya. Buka tutup kepala USB-nya, tancapkan ke konektor USB di notebook (atau PC) Anda, lalu sambungkan antena internal kecil yang disertakannya ke ujung badan lainnya. Anda tidak perlu repot-repot menancapkan adaptor ke jala-jala listrik, yang biasanya cukup mengganggu penempatan TV tuner. Sebab daya yang dibutuhkan oleh TV tuner ini diambilkan dari koneksi USB komputer. Setelah itu pengguna TV tuner bisa memerintahkan PC untuk merekam tayangan TV yang telah ditentukan sebelumnya tanpa mengharuskan ia menyalakan PC secara langsung. Selain itu, TV tuner ini juga dibekali kemampuan untuk mematikan PC melalui remote control yang disertakan. USB TV Tuner ini memiliki fungsi Time-Shifting yang berguna untuk mem- pause program TV yang sedang berlangsung dan melanjutkannya tepat di posisi terakhirnya.
Dengan demikian banyak sekali pilihan yang ditawarkan untuk mendapatkan televisi tanpa harus membeli pesawat televisi. Anda cukup menyisihkan sedikit uang kemudian silahkan anda pilih produk yang menurut anda sesuai dengan keinginan Anda.

Konsep Peripheral TV Tuner
 
TV Tuner adalah alat yang dapat digunakan komputer untuk menampilkan siaran dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya pesawat televisi biasa, TV Tuner juga dilengkapi dengan berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu stasiun televisi ke stasiun televisi lainnya, ada berbagai macam produk TV Tuner yang telah tersebar dipasaran, tentu saja, setiap satu produk memiliki fiture yang berbeda dengan produk lainnya. 

Fiture yang umum disediakan antara lain : berpindah dari satu channel (stasiun televisi) ke channel lainnya ( preset channel), picture adjustment ,mendengarkan radio, melakukan capture (penangkapan gambar) dari program televisi yang sedang berlangsung dengan format file gambar dan video bahkan adapula yang dapat melakukan capture untuk camera handycam yang masih manual . Masih banyak lagi kemudahan – kemudahan yang di berikan ketika kita mengakses menu yang tersedia, dalam perangkat TV tuner.

Penggunaan TV Tuner sebagai media televisi dalam rumah tangga merupakan suatu alternatif yang belum banyak dilakukan dimasyarakat pada saat artikel ini dibuat. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengetahuan tentang teknologi untuk saat ini. Padahal jika diperhatikan dengan seksama, akan terdapat banyak manfaat yang diperoleh jika menggunakan alat ini, diantaranya mulai dari efisiensi biaya yang dikeluarkan, penghematan ruang, penghematan listrik untuk pengguna PC dengan intensitas tinggi. Artinya, tidak perlu ada tambahan biaya listrik untuk menyalakan TV karena tidak lagi membutuhkan TV sementara kita bisa menyaksikan TV dengan komputer.

4 komentar:

last_blog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Esti Yuliana (Tama-Chan) mengatakan...

ho2.. di search ja bro.. ntar dikira ngiklan ^^

khusnul marlia mengatakan...

Rajalistrik.com

setsuna faith mengatakan...

Nice Post Jangan Lupa Kunjungi
https://rentalsewalaptopsurabaya.wordpress.com/

Posting Komentar

Thanx dah mau komen