Laman

Rabu, 20 Juli 2011

Pengertian Tablet PC dan OS di Dalamnya

Tablet PC atau singkatan dari Tablet Personal Computer adalah Komputer Portable seukuran buku yang hampir seluruh bagian depannya adalah layar, memiliki teknologi layar sentuh yang memungkinkan user menggunakan ujung jari atau pena digital menggantikan tombol Keyboard dan Mouse.Walaupun konsep dasarnya telah lama dikembangkan oleh para ahli komputer, istilah Tablet PC pertama kali dipopulerkan oleh Microsoft di tahun 2001 dengan hadirnya Windows XP Tablet Edition.

Saat ini Tablet PC telah berkembang pesat, tidak hanya menggunakan Windows Operating Sistem, tapi menggunakan Operating sistem lain yang dikembangkan khusus untuk Tablet PC. Tahun 2011, perusahaan Apple meluncukan versi Tabletnya yang disebut IPAD. Kemudian menyusul awal tahun 2011 Samsung dengan Galaxy Tab-nya.  RIM, perusahaan asal Kanada yang lebih dikenal dengan HP Blackberry, juga tidak mau kalah dengan meluncurkan Blackberry Playbook. Motorolla meluncurkan Motorolla Xoom, dan bahkan Tablet PC china pun sudah banyak kita temui dipasaran dengan mengusung harga murah.

Perangkat komputer termasuk Tablet PC, memerlukan sistem operasi (operating systems) sering disingkat OS didalamnya supaya bisa dipergunakan. Tak sedikit OS yang tersedia. Mulai waktu tiga puluh tahun yang lalu diawal-awal komputer masih menjadi barang yang aneh, MS-DOS diperkenalkan. Kemudian PenPoint OS, Palm OS.
Sekarang jumlah tersebut sudah berkembang pertumbuhannya secara signifikan dengan kehadian OS lainnya. Seperti Maemo, MeeGo, dan OLPC (One Laptop per Child) XO-3 yang berbasis Linux didalamnya. Microsoft menghadirkan  OS Windows-nya, kemudian nama-nama baru yang pesat perkembangannya pada tablet PC dan berani bersaing dengan lebih murah yaitu Android (berbasis linux) dan Mac OS serta iOS (dari Apple).
Pada Windows Vista dan Windows 7, khusus OS ini memiliki dukungan fungsi untuk tablet PC didalamnya. Sementara Android saat ini merupakan OS yang paling aktif melakukan update, sejak kemunculannya pada tahun 2007, sampai saat ini telah memiliki setidaknya enam jenis OS yang berbeda.
Mulai dari Android 1.1, Android 1.5 (Donut), Android 1.6 (Cupcake), Android 2.1 (Eclair), Android 2.2 (Frozen Yoghurt), Android 2.3 (Gingerbeard),  dan yang paling akhir telah hadir OS Android 3.0 (Honeycomb) memang diperuntukkan bagi Tablet PC. Semakin maraknya tablet PC ini rupanya Android telah memberi keleluasaan sebagai pilihan baru.

Sumber : Klik disini2 

1 komentar:

Posting Komentar

Thanx dah mau komen